Pages

08 Desember, 2008

Ayo Menulis Buku Nonteks Pelajaran!


Dr. Suherli, M.Pd.

Buku nonteks pelajaran memiliki kedudukan sebagai buku yang dapat melengkapi pendalaman materi dan penambahan wawasan bagi pembaca dari pembahasan materi yang tidak tersaji secara lengkap dalam buku teks pelajaran. Selain itu, buku nonteks pelajaran memiliki pula kedudukan sebagai buku yang dapat menunjang pengembangan materi atau isi buku teks pelajaran, baik secara filosofis, historis, etimologis, geografis, pedagogis, dan segi lainnya dari materi yang tersaji dalam buku teks pelajaran.  
Buku nonteks pelajaran yang mengangkat materi kekayaan alam dan budaya Nusantara akan memiliki kedudukan sebagai buku yang dapat mempromosikan kekayaan alam dan budaya bangsa Indonesia. Keberagaman suku bangsa akan memunculkan keanekaragaman budaya sebagai suatu kekayaan Indonesia yang tidak ternilai harganya. Buku nonteks pelajaran yang mengangkat materi ini akan dapat menginformasikan kekayaan bangsa Indonesia yang patut dibanggakan dan diberdayakan oleh bangsanya, bukan sebaliknya hanya dieksploitasi untuk kepentingan bangsa lain.  
Buku nonteks pelajaran yang mengangkat materi ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni akan memiliki kedudukan sebagai buku yang melestarikan kekayaan Ipteks yang telah dikembangkan. Berbagai penemuan Ipteks, baik yang telah dikembangkan bangsa lain maupun oleh bangsa Indonesia dapat dilestarikan dalam dokumen tertulis, yaitu buku nonteks pelajaran.  
Buku nonteks pelajaran yang berisi prinsip atau prosedur pembelajaran atau berisikan materi pokok dan model pembelajaran yang dapat digunakan pendidik memiliki kedudukan sebagai buku panduan. Prinsip-prinsip pembelajaran atau prosedur membelajarkan peserta didik tentang materi pokok dari salah satu mata pelajaran di satuan pendidikan dapat dituangkan dalam buku nonteks sebagai upaya pengembangan kualitas pendidikan. 

Untuk mengetahui lebih lengkap tentang cara menulis buku nonteks pelajaran, silakan buka:

http://www.ziddu.com/downloadlink/2874199/Pedoman-Lis-Nonteks-Revisi-UtuhWP2003.doc

3 komentar:

Faqirurahmatirabih mengatakan...

Membaca judulnya saja saya langsung merasa tertarik untuk menulis. Artikel yang benar2 memberikan motivasi. Banyak kesulitan yang saya rasakan -mungkin yang lain juga sama- dalam menulis sebenarnya bukan pada teori menulis itu sendiri karena sudah sering baca, kesulitan yang paling dirasakan adalah mencari topik apa yang akan ditulis. Hal ini karena kekurangan informasi/bahan, sebagai akibat dari minimnya kuantitas baca saya. Padahal saya sadar, 'a a good writer is a good reader' juga.

http://encangzm.blogspot.com mengatakan...

Asslamualaikum. Prof, saya berminat jadi penulis buku nonteks pelajaran. MOhon bimbingannya. Terima kasih.

http://encangzm.blogspot.com mengatakan...

Assalamualikum. Prof, saya berminat menjadi penulis buku nonteks pelajaran. Mohon bantuan dan bimbingannya. Terimakasih.